Minggu, 05 April 2020

Seberapa Pentingkah Penyu Untuk Kehidupan?


Penyu merupakan organisme ikonik yang hidup di perairan laut. Hal tersebut dikarenakan hanya ada tujuh spesies penyu yang ada di dunia. Penyu merupakan reptil laut seperti kura-kura yang mampu menjelajah dunia dengan ke empat sirip kakinya. Indonesia menjadi salah satu habitat bertelur 6 jenis penyu dari 7 jenis penyu yang ada di dunia. Hal tersebut karena perairan Indonesia menjadi rute perpindahan (migrasi) penyu laut di persimpangan Samudera Pasifik dan Hindia.

Mengapa kita perlu menjaga penyu? karena penyu merupakan satwa yang tidak cuma unik dan lucu, tetapi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hanya dengan membiarkannya saja hidup bebas di alam tanpa campur tangan manusia, penyu memberikan banyak manfaat. Manfaat tersebut mencakup aspek peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui sektor perikanan (beserta efek penggandaanya), menjaga keseimbangan mata rantai ekosistem, serta ilmu pengetahuan dan pengembangan ekowisata. Menurut Wilson dan rekan-rekannya, peran-peran penyu laut itu berupa :
1.    Pemeliharaan habitat
a)  Padang lamun: mencegah pertumbuhan berlebih yang menyebabkan sinar matahari sulit untuk masuk kedalam air.
b) Terumbu karang: mencegah ekspansi bunga karang diatas terumbu karang serta membuat terumbu karang untuk memperluas koloninya.
c)    Peningkatan kualitas pesisir: telur-telur penyu yang tidak menetas menjadi penambahan konsentrasi nutrien bagi vegetasi pesisir seperti nitrogen dan fosfor.
2.    Keseimbangan jaring-jaring makanan
a)      Kontrol populasi ubur-ubur
b)      Pemasok makanan bagi ikan
Jadi, ternyata cukup banyak manfaat dari penyu laut bagi kehidupan entah dari yang perannya biasa-biasa saja sampai dengan peran yang vital bagi lingkungan. Ayo sama-sama kita jaga ikon laut kita agar dimasa yang akan datang kita dapat berjumpa lagi dengan mereka di setiap pantai indah seluruh Indonesia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar